Sabtu, 01 Oktober 2011

Teori Organisasi Umum 1 - Tulisan 2 - Korean Fever

Demam Korea sedang menginvasi remaja-remaja Indonesia saat ini. Baik dari dramanya, boyband/girlbandnya, musiknya maupun gaya berbusananya. Tapi apakah kalian tau orang Korea mempunyai kebiasaan-kebiasaan unik dalam kehidupan sehari-harinya. Baik saat bertemu orang lain, kebiasaan makan mereka dan kebiasaan mereka saat bersosialisasi. Dibawah ini merupakan kebiasaan umum orang Korea :

·   Ketika bertemu dengan orang yang lebih senior a.k.a tua maka orang yang lebih junior harus membungkukkan badannya. Semakin besar perbedaan usia dan status sosialnya maka bungkukkannya semakin dalam. Sedangkan orang yang lebih senior akan membalas dengan sedikit mengangguk. (seperti orang Jepang saja)
·   Bila berjabat tanggan dengan orang yang lebih senior, gunakan kedua tangan. Berjabat tangan pun dilakukan sambil sedikit membungkuk.
·   Bila berbicara dengan orang yang lebih senior, jangan terlalu banyak melakukan kontak mata.
·   Ketika menerima pemberian dari orang yang lebih senior, terimalah dengan kedua tangan sambil sedikit membungkukkan badan.
·   Orang Korea tidak suka jika bertelanjang kaki di dalam rumah. Maka mereka pasti menggunakan sandal (seperti sandal hotel) di dalam rumah. Saat masuk ke rumah orang Korea juga harus melepaskan sepatu karena akan disediakan sandal di dalam rumah.
·   Orang korea biasanya makan dengan menggunakan sumpit dan mangkuk. Mereka menggunakan piring kecil untuk menaruh lauk pauknya. Sendok hanya digunakan pada saat makan makanan berkuah. Mereka jarang menggunakan garpu.
·   Orang Korea sangat suka makan kimchi. Setiap kali makan pasti mereka menyuguhkan kimchi.
·   Kebanyakan orang Korea menyukai sup sehingga setiap makan dengan nasi tak ketinggalan menyuguhkan sup. Biasanya sup disuguhkan per orang di mangkuk kecil.
·   Orang Korea suka sekali makan bawang putih. Karena dipercaya dapat menetralkan darah. Terkadang dimakan bulat-bulat (1 siung) dengan daun selada, cabai dan daging.
·   Orang Korea biasa memakai bubuk cabai dihampir setiap masakannya. Mereka juga biasanya memakan cabe hijau gede.
·   Orang korea mencampur nasi, sup dan lauk pauk di dalam mulut mereka. Bukan diletakkan di dalam nasi seperti orang Indonesia.
·   Mereka biasanya makan mie langsung di panci kuningan (which is lebih mudah dingin). 1 porsi mie instant Korea terhitung banyak, dapat dijadikan 2 porsi.
·   Saat makan dengan orang yang lebih tua, jangan makan sebelum orang yang lebih tua makan dan jangan meninggalkan meja sebelum orang yang lebih tua meninggalkan meja.
·   Biasanya orang Korea mempunyai meja lipat yang berkaki pendek sebagai meja makannya. Karena orang Korea terbiasa makan sambil duduk dilantai.
·   Setelah selesai makan, alat makan biasanya diletakkan di samping mangkuk nasi.
·   Orang Korea suka minum minuman alkohol. Minuman alkohol yang paling terkenal di Korea yaitu soju (seperti sake bagi orang Jepang).
·   Mereka biasanya minum sesudah beraktivitas dengan teman atau patner kerja untuk melepaskan stress. FYI, tingkat stress orang Korea terhitung tinggi, 81% orang Korea mengalami stress tiap harinya.
·   Orang Korea menganggap jika ia dan temannya minum bersama maka mereka akan menjadi sahabat karena pada saat mabuk mereka menganggap tidak ada lagi rahasia diantara mereka.
·   Pada saat minum bersama, orang korea menuangkan minuman untuk orang lain dan tidak menuangkan minuman untuk dirinya sendiri karena hal itu dianggap etika yang buruk. Jika minum dengan orang yang lebih senior/dihormati, orang yang lebih muda akan memalingkan mukanya ke samping ketika minum.
·   Orang Korea juga suka karaoke dan pergi ke sauna bersama teman. FYI, di sauna mereka bisa bermalam disana bahkan berhari-hari tapi tentu saja harus bayar.hehe
·   Ketika di restoran, biasanya orang yang lebih junior lah yang membayar tagihan makanannya meskipun kadang-kadang orang yang mengajak makan lah yang membayar.
·   Saat merokok, jika bertemu dengan orang yang lebih tua/dihormati maka rokok tersebut akan disembunyikan, dimatikan atau segera dibuang. Lelaki Korea biasanya merokok di tempat yang tidak kelihatan oleh orang yang lebih lain. Wanita yang merokok dianggap sebagai wanita yang tidak bermoral.
·   Di Korea banyak dijumpai remaja laki-laki berjalan sambil merangkul bahu sedangkan remaja perempuan bergandengan tangan. Hal ini menunjukkan bahwa mereka adalah teman baik. (bagi cowok Korea merangkul bahu dan gandengan tangan dengan sahabatnya merupakan hal yang biasa)
·   Memanggil nama orang Korea hanya boleh dilakukan antar sesama teman atau dengan orang yang lebih junior. Jika baru berkenalan atau dengan yang lebih senior mereka biasanya memanggil dengan status /jabatan seseorang seperti guru, direktur, dokter, penulis, kakak kelas.
·   Orang Korea menyukai sesuatu yang lucu dan imut. Maka dari itu mereka menyukai saat seseorang bertindak lucu dan imut walupun umurnya bukan anak-anak lagi. Biasanya mereka menyebutnya dengan kata ”aegyo”.
·   Orang Korea selau mengucapkan salam pada saat bertemu orang lain ataupun kepada pemilik toko saat masuk ke sebuah toko/warung.
·   Selesai marah atau dimarahi, orang Korea tidak menyimpan dendam di dalam hati dan menganggap permasalahan sudah selesai saat itu juga.

Masih banyak lagi kebiasaan orang Korea yang ada tapi ga mungkin khan di tulis semua.....bisa 7 hari 7 malam ga selesai-selesai.....
Semoga tulisan ini dapat membantu memahami kebiasaan orang Korea walupun hanya sebagian kecilnya saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar